5 Objek Wisata Paling Legendaris Di Gunung Kidul Yogyakarta



Lokasi : Flyover Janti Jogja.
Photo credit : @rommydhano, 2019 (Instagram).


    Hai Jogja Darling !!
    Jalan-jalan ke Jogja tentunya menjadi agenda liburan yang dinanti banyak orang, dari anak SD sampai yang sudah punya anak SD. Sejak dahulu Yogyakarta memang menjadi kota wisata yang tak pernah surut pengunjung. Tapi bagi teman-teman yang pernah tinggal di Jogja atau kuliah di Jogja tentunya kota ini tidak sekedar kota wisata biasa, ada banyak kenangan dan petualangan terjadi pada hidup kamu selama menimba ilmu di Jogja. Temasuk kisah cinta yang kadas sesat setelah wisuda atau justru ditinggal nikah karena tidak kunjung lulus kuliah, hahahahaa...! Apapun status kamu, baik yang sudah "sarjana" maupun yang "hampir sarjana" pasti sering jalan-jalan bersama teman-teman kamu semasa kuliah dulu, pasti beberapa tempat di bawah ini sudah sering kamu kunjungi. Yuk mengingat kembali masa-masa penuh canda tawa itu ;

    Bukit Bintang


    Objek Wisata : Bukit Bintang Jogja.
    Photo credit : @guston.wst, 2017 (Instagram).
    Bukit Bintang sudah sejak lama menjadi tempat nongkrong legendaris bagi kebanyakan Mahasiswa di Kota Pelajar Yogyakarta. Berlokasi di perbatasan Bantul dan Gunungkidul, biasanya tempat ini ramai dikunjungi saat hari mulai gelap alias malam, dari tempat yang berada di ketinggian ini kamu dapat menikmati bintang-bintang di langit dan dibawahnya bertaburan titik-titik cahaya lampu-lampu kota layaknya bintang berwarna warni.
    Kalau kamu ingin ke Bukit Bintang, jika kamu dari Jogja, kamu ikutin saja jalan menuju Wonosari, Gunungkidul. Setelah menyusuri jalan berkelok-kelok yang menanjak sekitar 15 menit (kalau gak macet), itu tandanya kamu sudah hampir sampai. Jangan ngebut-ngebut, sebentar lagi ada sepenggal jalan yang disisi kirinya berjejer mobil parkir didepan warung-warung, nah itu dia tempatnya. Silahkan pilih warung yang nyaman menurut kamu dan mulailah menatap jauh kearah kota Yogyakarta yang penuh legenda itu.


    Air Terjun Sri Gethuk


    Objek Wisata : Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Yogyakarta.
    Photo credit : @celvinaditiya_, 2017 (Instagram).
    Di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, terdapat 3 sumber mata air yang disebut mata air Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul. Ketiga mata air tersebut berkumpul jadi satu dan mengalir melalui tebing batu kapur hingga terciptalah air terjun Sri Gethuk yang sejuk dan asri.
    Nama lain Air Terjun Sri Gethuk ini adalah Air Terjun Slempret. "Slempret" sendiri berasal dari sebuah legenda yang ada di Desa Bleberan. Menurut cerita penduduk setempat, air tejun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro. Cerita selengkapnya silahkan kamu tanyakan pada Dukuh setempat :)

    Air Terjun Sri Gethuk memiliki tinggi sekira 25 meter, derasnya debit air yang mengalir sangat tergantung musimnya, jika musim kemarau maka air yang mengalir tidak begitu deras dan jika musim hujan maka yang terjadi adalah sebaliknya.


    Wisata Goa Pindul


    Objek Wisata : Goa Pindul Gunung Kidul Yogyakarta.
    Photo credit : @sdit_harapan_ummat, 2017 (Instagram).
    Goa Alami Pindul mungkin merupakan Goa paling tinggi tingkat kunjungannya di Indonesia, demi keamanan dan kenyamanan sampai-sampai pengelola objek wisata Goa Pindul ini menerapkan pembatasan jumlah pengunjung yaitu 2600 orang per hari. Sebelum resmi dijadikan sebagai lokasi obyek wisata tahun 2010, Goa yang dianggap sakral bagi masyarakat sekitar ini hanyalah tempat untuk aktivitas mandi, mencuci pakaian dan memancing.

    Perjalanan dari Kota Yogyakarta ke Goa Pindul Gunung Kidul ini hanya sekitar 2 jam. Sebaiknya kamu membawa baju ganti dan peralatan anti air saat berwisata menyusuri Goa Pindul ini.


    Wisata Embung Sriten


    Objek Wisata : Embung Sriten Gunung Kidul Yogyakarta.
    Photo credit : @azisrif, 2017 (Instagram).
    Embung Sriten merupakan telaga buatan yang berlokasi di Bukit Sumilir, Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul. Embung Sriten ini merupakan telaga buatan tertinggi di Yogyakarta yang fungsi utamanya sebagai sumber pengairan kebun buah. Karena lokasi di perbukitan yang tinggi, Embung yang juga sering dijadikan lokasi perkemahan ini menyajikan keindahan panorama alam Gunung Kidul, yang bisa dilihat dari ketinggian. Embung Sriten Gunungkidul sudah diresmikan oleh gubernur Yogyakarta yakni bapak Sri Sultan HB 10 pada bulan september 2014 silam. Embung yang berada di ketinggian 859 mdpl ini cukup ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur.

    Untuk menuju embung Sriten Yogyakarta, jika datang dari kota Yogyakarta, maka bisa memilih jalur ke arah kabupaten Gunungkidul. Sesampainya anda di pertigaan Nglipar belok kiri ikuti jalan itu hingga mencapai balai desa Pilangrejo di ruas jalan Ngawen. Sesampai di sana bisa bertanya ke penduduk lokal untuk melanjutkan perjalanan.


    Pantai Baron Gunungkidul


    Objek Wisata : Pantai Baron Yogyakarta.
    Photo credit : @dodocantropus, 2017 (Instagram).
    Lokasi objek wisata pantai laut selatan di pulau Jawa tentu sangat banyak, dimulai dari pantai paling ujung timur hingga pantai ujung barat. Pantai Baron merupakan salah satu pantai terindah dari sederet pantai yang berjejer seperti diantaranya Pantai Siung, Pantai Jogan dan Pantai Nglambor yang terkenal dengan snorkeling-nya.

    Pantai Baron yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pantai di Gunungkidul lainnya, sebab di pantai ini pengunjung akan mendapati dua jenis air yakni air asin dan air tawar yang bersumber dari sungai di pantai baron. Seperti objek wisata pantai pada umumnya, pantai Baron Jogja memperbolehkan pengunjungnya kegiatan renang, namun tetap waspada dan tetap mendapatkan pengawasan ekstra. Bila ingin sedikit berolahraga, kamu dapat menaiki mercusuar yang berada di sekitar pantai, dari puncaknya kamu dapat melihat panjangnya garis pantai dan bukit-bukit yang tampak seperti memagari lautan.