Berwisata ke Air Terjun Tona di Desa Nikulukan



Objek Wisata : Air terjun Tona Nikulukan.
Photo Credit : @rnb.jpg, 2015 (Instagram).

Hai Maluku lovers !!
Kali ini kita akan jalan-jalan ke salah satu Air terjun cantik di Kabupaten Seram Bagian Barat yang lokasinya masih termasuk kawasan agro wisata. Air Terjun Tona namanya, memiliki ketinggian sekitar 12m, aliran airnya cukup deras terlebih lagi di saat musim penghujan. Butuh waktu kurang lebih 3-4 jam perjalanan dari Pelabuhan Waipirit untuk mencapai tempat ini.

Kemudian untuk masuk kekawsan wisata, kamu harus jalan kaki sekitar 80m saja dari jalan utama Trans Seram. Kesegaran alam di lingkungan wisata Air Terjun Tona ini masih sangat terjaga kealamiannya. Tidak jauh dari lokasi Air Terjun Tona terdapat sebuah desa adat di Desa Nuniali yang dikenal dengan nama “Inama Hahunai”, tentunya sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Photo Creadit : @jhnmlkr, Jan 2018 (Instagram).
Air terjun yang berada di Desa Nikulukan ini sangat jenih dan berwarna agak kehijauan, aliran airnya meluncur jatuh dari celah tebing batu yang tampak seperti terbelah. Kubangan air dibawahnya cukup luas, tapi jangan coba-coba naik keatas tebing dan melompat ke bawah yah ! Karena adap banyak bebatuan cadas dibawah permukaannya. Jika kamu ingin jalan-jalan kesini, jangan lupa bawa makanan dan minumanmu sendiri, karena disekitar air terjun ini tidak akan kamu temukan warung makan apalagi cafe.

Rute menuju lokasi wisata :

Waipirit > Waihatu > Waisarisa > Piru - Pelita jaya > Mornateng - Nunleu - Desa Nikulukan.

Alamat Objek Wisata Air Terjun Tona :

Desa Nikulukan, Seram Bagian Barat (SBB), Maluku - Indonesia.