Wisata Senja di Candi Ijo Yogyakarta



Objek Wisata : KAWASAN WISATA CANDI IJO.
Photo credit : @milan2707, 2015 (Instagram).
Liburan ke Jogja memang menjadi dambaan banyak orang Indonesia, bahkan banyak juga wisatawan Mancanegara yang memasukkan Kota Gudeg Yogyakarta dalam list perjalanan wisata tahunan mereka. Wisata candi adalah salah satu jenis wisata andalan Pemerintah DI Yogyakarta yang hingga kini pun masih ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Candi Ijo misalnya, candi Hindu yang berada di ketinggian 375-Mdpl ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan sarat akan sejarah Kerajaan kuno. Mari kita telusuri sedikit jejak sejarah Candi Ijo.

Sejarah Kawasan Wisata Candi Ijo

Penyebutan nama desa Ijo yang konon merujuk pada nama daerah dimana Candi ini berdiri, disebutkan di dalam Prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi, hal inilah yang menginspirasi terciptanya nama candi ini menjadi "Candi Ijo". Candi Ijo Berada di sebelah timur kota Yogyakarta, di lereng barat perbukitan Batur Agung dan hanya berjarak sekitar 4 kilometer sebelah tenggara Candi Ratu Boko. Menurut sejarah, Kawasan Candi Ijo secara tidak sengaja ditemukan oleh seorang administrator pabrik gula Sorogugeng bernama H.E. Doorepasi. Lalu satu tahun kemudian CA. Rosemeler menemukan 3 buah Arca dikawasan candi yang sama. Penemuan tersebut diteliti dan dilanjutkan ke proses eskapasi oleh seorang ahli sejarah purbakala Belanda yang juga Peneliti Situs Candi Prambanan dan kawasan bersejarah Taman Sari yaitu Dr. J. Groneman. Candi Ijo diperkirakan dibangun pada kurun abad ke 10 - 11 Masehi pada zaman Kerajaan Medang periode Mataram. Kompleks Percandian Candi Ijo memiliki luas sekitar 0,8 hektar, namun menurut penelitian sejarah kompleks percandian ini konon jauh lebih luas, meluas ke arah barat dan utara.

Jalan-Jalan ke Candi Ijo Yogyakarta


Photo credit to : @widarkohartono, 2017 (Instagram).
Candi Ijo hanya berjarak sekitar 18km dari Kota Jogja ke arah Candi Prambanan. Waktu kunjung objek wisata Candi Ijo adalah Jam 06.00 - 17.00 WIB. Tapi paling asik jalan-jalan ke Candi Ijo adalah sore menjelang senja. Karena berada di lokasi tertinggi, suasana senja di Kawasan wisata Candi Ijo sangatlah indah dan biasanya cukup ramai pengunjung. Dengan beberapa uang receh untuk membayar retribusi, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam Yogyakarta dari lokasi Candi Ijo. Jika kamu tertarik tentang sejarah Candi Ijo, di Pos penjagaan biasanya ada petugas yang siap menjelaskan panjang lebar tentang Sejarah Candi Ijo namun biasanya tidak Gratis. Monggo, segera persiapkan daftar objek wisata yang akan kamu kunjungi saat kamu berlibur ke kota bersejarah Yogyakarta. Jangan Lupa bawa kameramu dan seelalu utamakan keselamatan juga kebersihan kawasan wisata yang kamu kunjungi.

Rute menuju lokasi wisata :

Kota Yogyakarta > Adisutjipto International Airport Yogyakarta > Ambil jalan arah ke Candi Prambanan.

Alamat Objek Wisata Candi Ijo :

Padukuhan Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta - Indonesia.