Masjid Bawah Tanah "Sumur Gumuling" Taman Sari Yogyakarta



Objek Wisata : Masjid Bawah Tanah Tamansari Jogja
Photo credit : @iwanamaco, 2015. (instagram)
Berwisata sejarah memang bukanlah kegiatan favorit bagi kebanyakan orang Indonesia, padahal Bung Karno pernah berkata "Jangan sekali-kali melupakan sejarah". Jadi ada baiknya sesekali kamu mengisi liburan dengan mengunjungi objek wisata sejarah yang pasti akan membuat kamu tampak keren dan berwawasan. Nah...kalau kebetulan kamu berencana liburan ke Jogja, salah satu tempat bersejarah nan indah di Jogja yang dapat kamu kunjungi adalah objek wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta. Selain kolam pemandian Taman Sari, salah satu bangunan paling istimewa di sini adalah sebuah Masjid bawah tanah bernama "Sumur Gumuling". Walaupun ini Masjid, tapi bukan berarti kita akan melakukan wisata Religi loh, karena Masjid Sumur Gumuling sudah tidak lagi digunakan sebagai Masjid setelah Keraton membangun Masjid Gedhe Kauman di sebelah barat Alun-alun lor Yogyakarta. Yuk kita ulas sedikit sejarah tentang Masjid Sumur Gumuling.

Sejarah Sumur Gumuling Taman Sari Yogyakarta


Lokasi : Kolam Permandian Taman Sari
Photo credit : @yosua_christhand, 2017 (Instagram).
Menurut tulisan seorang Sarjanawan Belanda yang juga banyak meneliti tentang Candi Prambanan Yogyakarta bernama Dr. J. Groneman, Masjid bawah tanah Sumur Gumuling di bangun pada masa kejayaan Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 M bersamaan dengan pembangunan Pesanggrahan Taman Sari Yogyakarta. Kawasan Taman Sari awalnya merupakan sebuah taman peristirahatan yang sangat indah, memiliki luas sekitar 10 hektar yang terdiri dari, kolam pemandian, kanal air, terowongan bawah air, Masjid, jembatan gantung, danau buatan dan pulau buatan yang disebut Pulo Kenongo. Namun kini luas Taman Sari Yogyakarta hanya tinggal beberapa hektar saja, sebagian besar area Taman Sari telah menjadi permukiman padat penduduk. Konon Kawasan ini adalah sebuah area Private Garden keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Masjid "Sumur Gumuling" berada di tepat di sebelah barat Pulo Kenongo, Masjid ini merupakan bangunan dua lantai berbentuk melingkar dengan tangga bercabang di tengahnya. Tepat dibawah bordes tangga bercabang tersebut terdapat sebuah kolam kecil yang dulu digunakan sebagai area berwudhu.

Lokasi : Masjid Sumur Gumuling
Photo credit : @norel08, 2018 (Instagram).
Ciri khas Arsitektur Jawa dan Eropa tampak pada hampir seluruh bangunan termasuk pada Masjid Sumur Gumuling. Belum dapat dipastikan siapa Arsitek yang merancang Taman Sari, namun ada juga informasi yang mengatakan bahwa Designer Taman Sari dalah seorang Arsitek Portugis. Desain awal Masjid yang memiliki ketebalan tembok kurang lebih 1,25 meter ini sangat berbeda dengan keadaannya sekarang, awalnya dinding luar bagian utara, barat, dan selatan, bangunan Masjid ini langsung bersentuhan/bebatasan dengan air dari sebuah danau buatan. Air danau tersebut dialirkan dari dua sungai di sekitar kawasan yaitu Sungai Winongo dan Gajah Wong. Lokasi Masjid Sumur Gumuling sangat tersembunyi hingga hanya dapat diakses melalui terowongan bawah air saja. Suasana di dalam Masjid yang sepertinya juga difunsikan sebagai benteng pertahanan ini sangat tenang dan sejuk, cahaya masuk melewati jendela-jendela dan dari bagian atas area tangga bercabang yang memang tidak beratap.

Berwisata Ke Masjid Sumur Gumuling Taman Sari

Libur t'lah tiba, Horee !. Siapkan kamera, Langsung terbang menuju Kota dongeng Bersejarah Yogyakarta. Lokasi Masjid Sumur Gumuling tidak sulit dicari karena berada di dalam area wisata Taman Sari, jadi kamu bisa masuk melalui Gapura Taman Sari. Tarif retribusi objek wisata Taman Sari tidak begitu mahal, hanya tiket Rp. 5000/orang (harga tiket ini bisa saja berubah tiap tahunnya).
Taman Sari Keraton Yogyakarta ini buka Senin - Minggu: pukul 09.00 - 15.00 WIB. Jika Lewat dari jam yang sudah ditentukan, dijamin kamu tidak akan diperbolehkan masuk kedalam kawasan wisata. INGAT! Tetap utamakan keselamatan juga kebersihan lingkungan wisata dan "Jangan Kau Cakap Kotor di Lokasi ini, ditampar setan nati congor kau tu !.

Rute menuju lokasi wisata :

Bandara Yogyakarta > Jl. Malioboro > Alun-alun utara Keraton Yogyakarta > Taman Sari.

Alamat Objek Wisata Sumur Gumuling, Taman Sari :

Jl. Taman, Kraton, Objek wisata Tamansari, Yogyakarta - Indonesia.