Keindahan Panorama Air Asin Danau Napabale Muna



Objek Wisata : Danau Napabale Muna.
Photo credit to : @robby.alfarez, 2015 (Instagram).
Hai Indonesian !!
Karena air danau bercampur dengan air laut, itulah salah satu jawaban atas pertanyaan yang mungkin ada di benak anda. Tidak hanya Danau Napabale dengan kandungan air danaunya asin, danau yang juga airnya asin adalah : Danau Laut Mati, Danau Assal (Djibouti, Afrika Timur), Danau Oroumieh, Danau Don Juan, Danau Kakaban, Danau Satonda dll. Disekitar Danau Napabale banyak tumbuh pandan, sehingga masyarakat sekitar banyak yang mengambil daun pandan tersebut. Hal itu pula yang menjadi asal muasal penamaan Danau Napabale, Napa = Pelabuhan dan Bale = tempat orang mengambil daun pandan.

Masuknya air asin dari laut pantai Selat Buton ke danau Napabale adalah karena di hubungkan langsung oleh terowongan alam, nah terowongan alam ini lah yang menjadi salah satu daya tarik dari perjalanan sobat ke danau ini. Karena kalau air laut pasang, sobat harus naik perahu untuk menuju danau. Sedangkan kalau air laut surut kita bisa menyusuri terowongan yang panjangnya kurang lebih 30 meter dengan lebar kurang lebih 9 meter tersebut.

Belum selesai terkagum dengan terowongan alam tersebut, tiga karang besar berbentuk cawan di danau Napabale akan mengalihkan pandangan mata sobat-sobat. Para sobat harus dapat menikmati setiap detiknya saat berada disini, untuk melihat keindahan karya Tuhan di tempat ini. Rp. 50.000 adalah harga sewa perahu di danauyang dikelola oleh pemerintah daerah kabupaten Muna.

Adapun yang harus sobat ketahui adalah, di danau ini diving asik, jadi jangan lupa peralatannya. Mau camping bisa juga di pinggiran danau, juga jangan lupa perlatan-peralatannya, okay sobat.

Aksesnya dari Bandara Walter Mongonsidi Kendari -> Bandara Sugimanuru -> Kota Raha -> Danau Napabale.
Lokasi : Desa Lohia, kec. Lohia, Kabupaten Muna, Kendari, Sulawesi Tenggara - Indonesia,
Silahkan Follow Instagram Kami :
Objek Wisata Favorit